Standard EN ISO 20345: Tips Pilih Safety Shoes Sesuai dengan Kekuatan Bahaya

7Bukti Bureau of Labor Statistics (BLS) mencatat, sehari-harinya sekitar 40 pekerja alami cedera pada kaki serta jarinya. Rata-rata cedera itu dikarenakan oleh jatuhan benda tajam serta berat. Cedera kaki sangat banyak berlangsung di bidang konstruksi. toko sepatu safety di glodok bisa menjadi solusi untuk kamui.

Kenapa angka cedera kaki masih tetap tinggi per harinya? Tidakkah beberapa pekerja telah memakai safety shoes? Sebelum mengulas selanjutnya, coba Kamu lihat apa safety shoes yang Kamu pakai telah sesuai dengan standard? Apa safety shoes yang Kamu pakai telah sama dengan kekuatan bahaya dalam tempat kerja?

Jika nyatanya safety shoes yang Kamu pakai belumlah optimal dalam meredam efek bahaya dalam tempat kerja, bisa saja Kamu salah pilih sepatu. Butuh Kamu mengerti, pilih safety shoes tidak bisa dikerjakan asal-asalan. Beberapa pekerja harus memakai safety shoes sesuai dengan standard, diantaranya standard EN ISO 20345:2011. Mungkin beberapa dari Kamu bertanya-tanya, standard apa itu?

EN ISO 20345: 2011 atau seringkali dimaksud ISO 20345:2011 adalah standard keselamatan serta keamanan yang harus diresmikan pada sepatu pengaman (safety shoes). Standard itu adalah standard Eropa serta telah jadi standard internasional yang sekarang harus dipunyai oleh semua safety shoes.

Di standard itu, ada standard baku mengenai sisi manakah serta type perlindungan apakah yang harus dipunyai oleh safety shoes. Standard EN ISO 20345:2011 mengatakan jika safety shoes mesti membuat perlindungan penggunanya dari bahaya yang bisa menyebabkan cedera, dengan toe cap yang dapat meredam efek bahaya saat ditest pada hentakan basic (basic impact) minimum 200 Joule (sama dengan 20 Kg).

EN ISO 20345:2011 pun mereferensikan beberapa point yang perlu dilihat dalam pilih safety shoes, salah satunya:

Yakinkan sepatu penuhi EN ISO 20345
Bahan sepatu: kulit atau sintetis
Pemakaian safety shoes di indoor atau outdoor
Suhu ruang kerja: panas atau dingin
Iklim di lingkungan kerja: sinar matahari, salju, atau hujan
Bahaya: minyak atau pemakaian bahan kimia
Klasifikasi Safety Shoes Sesuai dengan Standard EN ISO 20345:2011

Untuk memudahkan penentuan safety shoes, standard ini mengklasifikannya ke satu kode dua atau tiga huruf. Klasifikasi safety shoes ini sesuai dengan kekuatan bahaya yang seringkali berlangsung dalam tempat kerja.
Tips Pilih Safety shoes Sesuai dengan Kekuatan Bahaya

Tersebut tips penentuan safety shoes sama dengan kekuatan bahaya yang ada dalam tempat kerja:

Kekuatan Bahaya

Referensi Safety Shoes

Jatuhan benda berat

Feature pelindung jari kaki (toe protection) memiliki bahan baja atau komposit

Jatuhan benda tajam

Feature perlindungan dengan mid-sole memiliki bahan baja atau komposit

Cedera pada tulang metatarsal (telapak kaki)

Feature pelindung metatarsal (metatarsal protection) yang menutupi telapak kaki

Resiko jari kaki atau sisi kaki lainnya terpotong (perumpamaannya waktu menggergaji memakai mesin)

Safety shoes spesial untuk pekerjaan menggergaji memakai mesin (chainsaw)

Permukaan licin (resiko tergelincir)

Feature sol luar anti slip

Kontak dengan acid/ alkalis/ bahan kimia

Feature sol dengan ketahanan pada acid/ alkalis/ bahan kimia. Catatan: kenali langkah aman memakai bahan kimia beresiko serta hubungi penyuplai bahan kimia untuk tahu apa safety shoes yang dipakai sama dengan kriteria ataukah tidak

Cedera pada pergelangan kaki/ tumit

Feature pelindung pergelangan kaki (ankle protection), pemakaian tali sepatu, serta peredam kejut pada tumit

Ruang kerja dengan suhu berlebihan

Sol dengan ketahanan pada suhu panas atau suhu dingin

Biohazard

Safety shoes yang gampang dibikin bersih serta dapat dicuci dengan mesin

Pekerjaan yang mewajibkan pekerjanya berdiri dalam tempo yang lama

Sol luar yang nyaman serta diperlengkapi peredam kejut pada tumit

Itu tips pilih safety shoes sama dengan kekuatan bahaya atau resiko yang ada dalam tempat kerja. Yakinkan sepatu yang Kamu pakai sama dengan bahaya untuk menahan kecelakaan yang dapat menerpa kaki sebab benda tajam atau berat, benda panas, cairan kimia, dan lain-lain.

Di Indonesia, tidak hanya EN ISO 20345:2011, standard keamanan yang harus dipunyai oleh tiap-tiap produk safety shoes ialah SNI 0111:2009 serta SNI 7079:2009. Standard nasional mewajibkan safety shoes diperlengkapi pengeras depan dari baja menjadi pelindung jari-jari kaki dari pukulan serta bentrokan dan bahaya lainnya yang terkait dengan lingkungan kerja.

Ada point terpenting yang perlu Kamu ingat waktu beli safety shoes, yaitu yakinkan produk yang Kamu beli telah mempunyai sertifikasi standard keselamatan serta keamanan internasional atau nasional. Safety shoes yang baik bukan sepatu yang berat serta tebal, tapi safety shoes yang dapat membuat perlindungan telapak kaki Kamu saat memakainya dalam tempat kerja berlebihan serta kekuatannya membuat perlindungan kaki yang bisa dibuktikan karenanya ada sertifikat barusan.

Mudah-mudahan Berguna. Salam safety!

Leave a comment